Jogja, Surganya Candi-candi yang Cantik nan Eksotik

Jogja adalah surganya wisata. Mulai dari wisata budaya, pantai, gunung hingga sejarah. Untuk kalian yang sering ke Jogja pasti sudah pernah dong berkunjung ke candi Prambanan yang merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Tapi Jogja nggak hanya punya candi Prambanan aja nih. Jogja adalah surganya Candi. Banyak berdiri candi-candi Hindu maupun Budha.

Berwisata ke candi banyak manfaatnya loh, salah satunya menambah wawasan tentang sejarah jaman dahulu. Untuk itu berkeliling Candi wajib masuk ke dalam list tempat wisata kalian. Candi mana saja sih yang wajib dikunjungi, simak ulasan berikut ini ya :

  1. Candi Ijo

Candi Ijo merupakan candi yang letaknya tertinggi di Jogja. Berada di ketinggian 410mdpl, candi Ijo sangat cocok dinikmati saat sore hari. Biasanya para muda-mudi Jogja menghabiskan waktu dengan bersantai sembari menunggu sunset. Dikelilingi oleh rerumputan yang hijau menjadi asal-muasal candi ini dijuluki candi ijo. Cukup dengan 5.000 saja kalian bisa belajar sejarah sekaligus menikmati keindahan alam di sekitar Candi Ijo.

Kompleks candi ijo ini luasnya hanya sekitar 0,8 hektar saja, jauh lebih kecil dibandingkan kawasan candi-candi lainnya yang ada di Jogja. Candi Hindu ini dibangun sekitar abad ke 10 hingga abad ke 11 yang terdapat Candi induk, candi pengapit dan candi perwara.

Letak Candi Ijo dari kota Jogja nggak jauh kok, berada di bagian timur Yogyakarta kalian bisa menempuh waktu tak sampai satu jam untuk sampai di Candi Ijo. Tepatnya di desa Groyokan, Sambisari, Kecamatan Prambanan, Sleman. Tapi kalian perlu berhati-hati ya untuk menuju candi ijo, karena letaknya yang berada diatas bukit tentu kalian harus melalui tanjakan yang berkelok dan jalanan yang sempit.

  • Candi Sambisari

Candi Sambisari merupakan Candi Hindu yang beraliran Syiwa. Tak heran jika ditemukan patung-patung dewa Syiwa di Candi Sambisari. Berada 12 km dari kota Jogja tepatnya di dusun Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman. Candi Sambisari yang merupakan situs candi yang letaknya 6,5meter dibawah permukaan tanah. Dahulunya candi ini ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang petani yang sedang mencangkul di sawah. Setelah diteliti, ternyata terdapat candi Sambisari yang tertimbun tanah karena letusan gunung Merapi.

Source : Ksmtour.com

Saat ini candi Sambisari sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah. Terlihat dari kawasan wisata Sambisari ini sangat terawat dan bersih. Kalian bisa berkeliling candi ini karena cukup luas yang dihiasi dengan rerumputan hijau layaknya lapangan bola. Jika ingin lebih tau mengenai sejarah Candi sambisari kalian bisa berkunjung ke ruang informasi, yang terdapat dokumentasi penggalian situs candi ini. Cukup dengan 3.000 rupiah saja kalian bisa menikmati indahnya Candi Sambisari.

  • Keraton Ratu Boko

Keraton Ratu Boko ini semakin terkenal di kalangan wisatawan setelah digunakan syuting AADC (Ada Apa Dengan Cinta). Selain itu karena keindahan situs keraton ini menyuguhkan pemandangan yang indah. Berada di ketinggian 200mdpl situs ini sangat nyaman untuk nongkrong bersama kawan maupun keluarga.

Source : Nativeindonesia.com

Mengapa tidak disebut candi ?? Karena memang tempat ini adalah keraton atau istana yang lengkap dengan gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian dan juga pagar pelindung. Kalian bisa bayangkan luasnya keraton ratu boko yang mencapai 250.000m2.

Banyak kesimpang-siuran tentang sejarah situs Ratu Boko. Ada sebuak legenda yang mengatakan bahwa situs ini adalah tempat Bandung Bondowoso membunuh raksasa yang bernama Ratu Boko yang gemar memakan manusia. Namun banyak yang menyangkal bahwa situs ini tadinya adalah sebuah istana dikarenakan medan situs ratu boko berada pada daerah bebatuan kapur yang cenderung sulit untuk mendapatkan air sehingga tidak mungkin jika situs ini digunakan sebagai tempat tinggal. Ada juga beberapa arkeolog yang mengatakan bahwa tempat ini merupakan tempat ibadah untuk kegiatan keagamaan melihat dari adanya fasilitas mandi dan gua-gua untuk meditasi.

Jika beruntung kalian bisa menjumpai sunset yang sangat cantik, dengan semburat jingga yang berpendar di langit Jogja. Tak heran jika tempat ini sering dijadikan untuk foto pre-wedding. Sayangnya harga tiket masuk di Situs Ratu Boko ini terbilang mahal dibanding kawasan wisata candi lainnya yang ada di Jogja. Kalian harus merogoh kocek sebesar 40.000 rupiah, namun jika yang kalian dapatkan adalah keindahan dari atas situs Ratu Boko ini dan sunset yang menawan bakalan worth it kok.

  • Candi Plaosan

Topik cinta beda agama tidak hanya ada di jaman sekarang loh. Terbukti dengan berdirinya Candi Plaosan ini yang berlatar belakang cinta beda agama. Dibangun oleh Rakai Pikatan yang beragama Hindu, Candi Plaosan merupakan persembahan untuk istrinya yaitu Pramodyawardani yang memeluk agama Budha. Candi plaosan tidak hanya menjadi tanda bersatunya 2 wangsa besar yaitu Sanjaya dan Syailendara, namun juga sebagai simbol cinta dan toleransi.

Candi Plaosan dibangun sekitar pertengahan abad ke-9. Kompleks candi ini terbagi menjadi 2 wilayah yaitu Plaosan Lor dan Plaosan Kidul yang hanya dipisahkan oleh jalan raya. Karena kemiripan dari 2 candi plaosan membuat candi ini juga dijuluki sebagai candi kembar.

Source : hargatiketmasuk.info

Baik candi plaosan lor atau candi plaosan kidul sama-sama memiliki halaman yang luas dan dikelilingi rerumputan. Letaknya yang berada di area persawahan membuat candi ini semakin terlihat asri. Kalian bisa nongkrong di tempat ini sembari menikmati damainya suasana pedesaan. Dan jika cuaca sedang cerah, kalian bisa menjumpai keindahan sunset berlatar belakang Candi Plaosan.

Lokasi Candi Plaosan tak jauh dari candi Prambanan. Berada di perbatasan provinsi Yogyakarta dan DIY tepatnya di dukuh Plaosan, Bugisan, Prambanan. Siapkan uang sebesar 5.000 rupiah untuk tiket masuk ke kawasan wisata Candi Plaosan.

Nah itulah beberapa Candi yang nggak boleh kalian lewatkan saat berkunjung ke Jogja. Kebanyakan lokasi-lokasi candi tersebut cenderung terpencil dan tidak dilalui transportasi umum. Untuk memudahkan mobilitas kalian.. sebaiknya rental motor saja di Armada rent. Kalian bisa cek harga dan details motor di halaman pemesanan ya. Kami menyediakan berbagai tipe motor mulai dari manual, matic, sport hingga adventure. Dijamin harganya masih terjangkau kok dan fasilitasnya juga oke. Nggak bakal kecewa deh !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s